Bersiap untuk Program Profesi, FK UNG Latih Fasilitator Klinik

Oleh: M. Yusril Ihza Djakaria . 28 Juni 2022 . 14:07:36

GORONTALO - Jika tak ada aral melintang, mahasiswa angkatan pertama Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo awal tahun depan akan memasuki tahap program profesi dokter. Hal ini membuat FK UNG harus bersiap menyambutnya, salah satunya dengan mengadakan kegiatan Workshop Fasilitator Klinik yang diselenggarakan selama dua hari pada Sabtu dan Ahad (25-26/6/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di TC Damhil UNG ini mendatangkan pemateri dari Departemen Pendidikan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin yakni Prof. dr. Budu, M.Med.Ed., Sp.M(K), Ph.D., dr. Irwin Aras, M.Epid., M.Med.Ed., dan dr. Asty Amalia, M.Med.Ed., sebagai pendamping pemateri dr. Romdon Purwanto, Sp.An-KIC, dr. Naning Suleman, M.Kes., Sp.M., dan dr. Dewi Nurindah Panai dari FK UNG.

Pada hari pertama, peserta yang terdiri dari dokter spesialis yang juga dosen FK UNG menerima materi tentang Learning Environment dan Peran Dokter Pendidik Klinis dalam Pendidikan Profesi Kesehatan, peserta juga melakukan praktik bed side teaching. Pada hari kedua, peserta menerima materi tentang asesmen dan praktiknya.

Kegiatan yang dibuka oleh Dekan dr. Sri Asriyani, Sp.Rad(K), M.Med.Ed. ini berjalan dengan lancar dan penuh antusias dari seluruh peserta. Selama kegiatan berlangsung, pemateri bersama panitia melakukan penilaian terhadap peserta dan di akhir acara diumumkan tiga peserta terbaik, yakni dr. Romy Abdul, Sp.B., dr. Maryana, Sp.A., dan dr. Abdiansyah Dian Tahrang, Sp.PD.

"Alhamdulillah, kegiatan berjalan dengan lancar dan para peserta terlihat sangat bersemangat," ujar dr. Sri A. Ibrahim, M.Kes. ketua panitia kegiatan yang juga merupakan ketua Program Studi Profesi Dokter.

Agenda

16 - 17 Januari 2023

WORKSHOP FASILITATOR KLINIK II

Melatik dosen klinik sebagai fasilitator klinik.

14 Januari 2023

TRAINING SMART CONTENT CREATOR

Roadshow Virtual di FK UNG oleh Ummat Tv dan Akademi Konten

25 - 26 Juni 2022

WORKSHOP FASILITATOR KLINIK

Diikuti oleh seluruh dosen klinik FK UNG sebagai persiapan menuju tahap profesi dokter.

19 Juni 2022

MEDICAL WORKSHOP ON DIAGNOSIS OF MERCURY INTOXICATION BY METHYLMERCURY EXPOSURE

Lecturer: Dr. Shigeru Takaoka (Director of Kyoritsu, Neurology, and Rehabilitation Clinic, Japan) | Opening Speech: dr. Sri Asriyani, Sp.Rad(K), M.Med.Ed. (Dean Faculty of Medicine State University of Gorontalo)