FK UNG Adakan Mini WS untuk Hasilkan Modul PBL dan TBL Baru

Oleh: M. Yusril Ihza Djakaria . 29 Januari 2024 . 15:06:34

GORONTALO - Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo (FK UNG) menggelar Mini Workshop Pembuatan Modul Problem Based Learning (PBL) dan Team Based Learning (TBL) pada Ahad (28/1), di Ruang Rapat FK UNG. Workshop ini dihadiri oleh sejumlah dosen dari dua blok yang sedang berjalan, yaitu Blok Gastroenterohepatologi dan Blok Endokrinologi. 

Koordinator Blok Gastroenterohepatologi, dr. Abdi Dzul Ikram Hasanuddin, M.Biomed., menjelaskan, "Kegiatan ini dilaksanakan oleh Medical Education Unit FK UNG yang diketuai oleh dr. Muh. Nur Syukriani Yusuf, M.Med.Ed., dan diinisiasi oleh pengelola mata kuliah blok yang sedang berjalan."

Lebih lanjut, Abdi menambahkan, "Kami berharap bahwa workshop ini dapat menghasilkan modul pembelajaran PBL dan TBL yang baru, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif bagi mahasiswa."

PBL dan TBL merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada pemberian masalah atau kasus nyata kepada mahasiswa untuk diselesaikan secara bersama-sama. Metode ini mendorong partisipasi aktif, diskusi kelompok, dan pemecahan masalah, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa.

Mini Workshop ini menjadi langkah awal dalam menggagas inovasi dalam proses pembelajaran di FK UNG. Dengan melibatkan para dosen dari blok yang sedang berjalan, diharapkan pembelajaran PBL dan TBL dapat lebih diterapkan secara efektif dalam kurikulum kedokteran di UNG.

Agenda

16 - 17 Januari 2023

WORKSHOP FASILITATOR KLINIK II

Melatik dosen klinik sebagai fasilitator klinik.

14 Januari 2023

TRAINING SMART CONTENT CREATOR

Roadshow Virtual di FK UNG oleh Ummat Tv dan Akademi Konten

25 - 26 Juni 2022

WORKSHOP FASILITATOR KLINIK

Diikuti oleh seluruh dosen klinik FK UNG sebagai persiapan menuju tahap profesi dokter.

19 Juni 2022

MEDICAL WORKSHOP ON DIAGNOSIS OF MERCURY INTOXICATION BY METHYLMERCURY EXPOSURE

Lecturer: Dr. Shigeru Takaoka (Director of Kyoritsu, Neurology, and Rehabilitation Clinic, Japan) | Opening Speech: dr. Sri Asriyani, Sp.Rad(K), M.Med.Ed. (Dean Faculty of Medicine State University of Gorontalo)