FK UNG Terima Apresiasi dari AMDA di Bali

Oleh: M. Yusril Ihza Djakaria . 19 Agustus 2024 . 23:53:47

BALI - Pada hari Ahad,(18/8), acara 40th Anniversary International Conference of Association of Medical Doctors of Asia (AMDA) diselenggarakan dengan meriah di Denpasar, Bali. Acara ini menjadi momen penting bagi komunitas medis di Asia, khususnya bagi para dokter dan akademisi yang tergabung dalam AMDA International. Dalam acara ini selain diikuti oleh para dokter dari Indonesia, juga diikuti oleh perwakilan dokter dari Luar Negeri yaitu Jepang, Korea, India, Bangladesh, Nepal, Mongolia, Philipina, Taiwan, dan Sri Langka.

Dalam rangka memperingati kontribusi besar mereka dalam berbagai kegiatan, terutama dalam penanggulangan bencana di Indonesia, AMDA International memberikan Sertifikat Apresiasi kepada sejumlah Fakultas Kedokteran yang berada dalam lingkup Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) Wilayah 6, serta para pengurus dan anggota AMDA Indonesia. Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas dedikasi dan kerja sama yang telah terjalin selama ini.

Beberapa Fakultas Kedokteran yang menerima penghargaan tersebut adalah:

Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK UH)

Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi (FK UNSRAT)

Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (FK UNPATI)

Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo (FK UHO)

Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako (FK UNTAD)

Fakultas Kedokteran Universitas Khairun (FK UNKHAIR)

Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih (FK UNCEN)

Fakultas Kedokteran Universitas Papua (FK UNIPA)

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri (FK UIN)

Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo (FK UNG)

Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (FK UMI)

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar (FK UNISMUH)

Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa (FK UNIBOS)

Fakultas Kedokteran Universitas Al Khairaat (FK AL KHAERAT)

FK UNG secara khusus diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dr. dr. Zuhriana K. Yusuf, M.Kes, yang turut hadir dalam acara tersebut. Dalam kesempatan itu, Dr. Zuhriana menyampaikan apresiasinya terhadap AMDA International yang selama ini telah menjadi mitra strategis dalam berbagai program kesehatan, khususnya dalam penanggulangan bencana di wilayah Indonesia Timur.

“ FK UNG memiliki keunggulan dalam emergensi disaster yang dibuktikan dengan banyaknya mata kuliah yang bercirikan disaster emergensi.  Kami punya mimpi yang besar dalam pengembangan dan inovasi teknologi terbarukan dalam emergensi disaster”, ujar dr Zuhriana via whatsapp.  dr Zuhriana juga menegaskan kedepannya akan di bentuk AMDA FK UNG guna mempersiapkan sumber daya yang ada lebih tanggap bencana kedepannya.

Acara ini juga diwarnai dengan berbagai diskusi panel, presentasi ilmiah, dan networking yang melibatkan para dokter dari seluruh Asia. Konferensi ini tidak hanya menjadi ajang peringatan, tetapi juga momentum untuk memperkuat kerja sama di masa depan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan respons bencana di kawasan Asia.

 

Agenda

16 - 17 Januari 2023

WORKSHOP FASILITATOR KLINIK II

Melatik dosen klinik sebagai fasilitator klinik.

14 Januari 2023

TRAINING SMART CONTENT CREATOR

Roadshow Virtual di FK UNG oleh Ummat Tv dan Akademi Konten

25 - 26 Juni 2022

WORKSHOP FASILITATOR KLINIK

Diikuti oleh seluruh dosen klinik FK UNG sebagai persiapan menuju tahap profesi dokter.

19 Juni 2022

MEDICAL WORKSHOP ON DIAGNOSIS OF MERCURY INTOXICATION BY METHYLMERCURY EXPOSURE

Lecturer: Dr. Shigeru Takaoka (Director of Kyoritsu, Neurology, and Rehabilitation Clinic, Japan) | Opening Speech: dr. Sri Asriyani, Sp.Rad(K), M.Med.Ed. (Dean Faculty of Medicine State University of Gorontalo)