Guru Besar Universitas Hasanuddin Berikan Kuliah Umum di FK UNG

Oleh: M. Yusril Ihza Djakaria . 8 Mei 2023 . 16:43:39

GORONTALO - Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Prof. dr. Veni Hadju, M.Sc., Ph.D. memberikan kuliah umum kepada civitas academica Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo pada Kamis (4/5/2022) di Ruang Kelas Lantai 3.

Kuliah umum yang mengangkat judul "Peran Mahasiswa Kedokteran dalam Pencegahan Stunting" ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Dr. dr. Anang Otoluwa, M.P.P.M. dan Dekan Fakultas Kedokteran dr. Zuhriana K. Yusuf, M.Kes. beserta jajaran pimpinan dan dosen.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dalam sambutannya menyatakan bahwa mahasiswa kedokteran harus turun ke lapangan, turut serta membantu pemerintah dalam penanggulangan stunting, di antaranya dengan memperhatikan ibu hamil yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal. "Setiap kita pasti pernah melihat ibu hamil di lingkungan sekitar, namun kebanyakan kita tidak peduli. Padahal peran kita dalam mengedukasi dan mendampingi di masa-masa kehamilan memiliki pengaruh besar dalam pencegahan stunting," ujar Anang.

Senada dengan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Prof Veni dalam kuliah umunya menekankan semua pihak wajib terlibat dalam pencegahan dan pengendalian stunting. Lulusan Cornell University ini juga memaparkan perbandingan data stunting Indonesia dengan negara-negara lain di seluruh dunia, termasuk data tinggi badan rata-rata yang menempatkan Bosnia Hezergovina berada di peringkat 1, Belanda di peringkat 2, dan Indonesia berada di peringkat 100-an.

Di akhir kuliah umum, Prof Veni memberikan wejangan untuk menjalani kehidupan sesuai dengan ajaran agama. "Pencegahan stunting itu dapat diusahakan, kita bisa terlibat di dalamnya sejak prakonsepsi dan kehamilan. Dalam mencegah penyakit-penyakit yang lain juga demikian, gen-gen yang buruk dapat dinonaktifkan jika kita menjalankan perintah Allah dengan sebaik-baiknya," tutup Prof Veni.

Agenda

16 - 17 Januari 2023

WORKSHOP FASILITATOR KLINIK II

Melatik dosen klinik sebagai fasilitator klinik.

14 Januari 2023

TRAINING SMART CONTENT CREATOR

Roadshow Virtual di FK UNG oleh Ummat Tv dan Akademi Konten

25 - 26 Juni 2022

WORKSHOP FASILITATOR KLINIK

Diikuti oleh seluruh dosen klinik FK UNG sebagai persiapan menuju tahap profesi dokter.

19 Juni 2022

MEDICAL WORKSHOP ON DIAGNOSIS OF MERCURY INTOXICATION BY METHYLMERCURY EXPOSURE

Lecturer: Dr. Shigeru Takaoka (Director of Kyoritsu, Neurology, and Rehabilitation Clinic, Japan) | Opening Speech: dr. Sri Asriyani, Sp.Rad(K), M.Med.Ed. (Dean Faculty of Medicine State University of Gorontalo)