Mahasiswa KKN Profesi Kesehatan Desa Bube Baru Laksanakan Penyuluhan Stunting

Oleh: M. Yusril Ihza Djakaria . 10 Januari 2023 . 08:17:36

GORONTALO - Mahasiswa KKN Profesi Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo Desa Bube Baru melaksanakan penyuluhan pencegahan stunting atau perawakan pendek pada hari Selasa (27/12/2022). Penyuluhan yang mengangkat tema "Dapur Sehat Cegah Stunting" dilaksanakan di Aula Kantor Desa Bube Baru.

Dosen Pembimbing Lapangan Abdu Dzul Ikram Hasanuddin menjelaskan bahwa program utama KKN Profesi Kesehatan tahun ini adalah pencegahan dan pengendalian stunting. "Program utama yang kami targetkan untuk mahasiswa adalah pencegahan dan penanganan stunting oleh pasangan usia subur", ungkap Abdi.

Dalam materinya, Fungsional Ahli Nutrisionis Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Saleh Panigoro memaparkan tentang upaya pencegahan masalah stunting khususnya pada seribu hari pertama kehidupan.

"Pemenuhan gizi sejak hamil, pemberian makanan pendamping ASI yang memenuhi kebutuhan gizi harian, pemberian ASI sejak lahir sampai usia 2 tahun sangat berperan penting dalam proses tumbuh kembang," ujar Saleh.

Kegiatan yang dihadiri oleh Sekretaris Desa Bube Baru ini juga turut dihadiri oleh masyarakat sekitar yang berjumlah kurang lebih 30 orang.

Agenda

16 - 17 Januari 2023

WORKSHOP FASILITATOR KLINIK II

Melatik dosen klinik sebagai fasilitator klinik.

14 Januari 2023

TRAINING SMART CONTENT CREATOR

Roadshow Virtual di FK UNG oleh Ummat Tv dan Akademi Konten

25 - 26 Juni 2022

WORKSHOP FASILITATOR KLINIK

Diikuti oleh seluruh dosen klinik FK UNG sebagai persiapan menuju tahap profesi dokter.

19 Juni 2022

MEDICAL WORKSHOP ON DIAGNOSIS OF MERCURY INTOXICATION BY METHYLMERCURY EXPOSURE

Lecturer: Dr. Shigeru Takaoka (Director of Kyoritsu, Neurology, and Rehabilitation Clinic, Japan) | Opening Speech: dr. Sri Asriyani, Sp.Rad(K), M.Med.Ed. (Dean Faculty of Medicine State University of Gorontalo)