Siapkan Dokter Muda Hadapi UKMPPD, Prodi Profesi Dokter Telah Selenggarakan 27 Kali Seminar SKDI

Oleh: M. Yusril Ihza Djakaria . 11 Januari 2024 . 14:47:34

GORONTALO - Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menyelenggarakan Seminar SKDI ke-27 di Aula Gedung Pusat Pendidikan Profesi Dokter RSUD Prof. dr. Aloei Saboe Kota Gorontalo pada Sabtu (6/1). Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian persiapan mahasiswa menghadapi Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter (UKMPPD).

Seminar kali ini menghadirkan dr. Helen M. Y. Nazaruddin, Sp.THTBKL, M.Kes., sebagai pembicara dengan topik Otitis Eksterna. Dengan mengangkat tema yang relevan dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI), seminar ini bertujuan memperkaya pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam merespons kasus-kasus medis yang mungkin muncul di layanan primer.

Koordinator Program Studi Pendidikan Profesi Dokter, dr. Sri Andriani Ibrahim, M.Kes., menyampaikan tanggapannya terkait seminar ini. "Kegiatan ini untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi UKMPPD. Insyaallah, kami akan menambah programnya dengan membahas contoh soal-soal uji kompetensi sebanyak 100 soal setiap pekan," ujarnya.

Seminar SKDI telah menjadi bagian rutin dalam kurikulum Pendidikan Profesi Dokter di Fakultas Kedokteran UNG dan telah dilaksanakan sebanyak 27 kali. Kegiatan ini dijadwalkan setiap Sabtu dengan peserta dokter muda yang sedang menjalani pendidikan di Program Studi Pendidikan Profesi Dokter. Dengan demikian, diharapkan mahasiswa dapat terus mengasah kompetensi dan pengetahuan mereka dalam menghadapi tantangan di dunia kedokteran.

 

Pembuatan berita ini menggunakan bantuan ChatGPT dengan penyuntingan oleh admin.

Agenda

16 - 17 Januari 2023

WORKSHOP FASILITATOR KLINIK II

Melatik dosen klinik sebagai fasilitator klinik.

14 Januari 2023

TRAINING SMART CONTENT CREATOR

Roadshow Virtual di FK UNG oleh Ummat Tv dan Akademi Konten

25 - 26 Juni 2022

WORKSHOP FASILITATOR KLINIK

Diikuti oleh seluruh dosen klinik FK UNG sebagai persiapan menuju tahap profesi dokter.

19 Juni 2022

MEDICAL WORKSHOP ON DIAGNOSIS OF MERCURY INTOXICATION BY METHYLMERCURY EXPOSURE

Lecturer: Dr. Shigeru Takaoka (Director of Kyoritsu, Neurology, and Rehabilitation Clinic, Japan) | Opening Speech: dr. Sri Asriyani, Sp.Rad(K), M.Med.Ed. (Dean Faculty of Medicine State University of Gorontalo)