Sivitas Akademika FK: Selamat Hari Gizi Nasional!

Oleh: M. Yusril Ihza Djakaria . 25 Januari 2024 . 17:22:30

GORONTALO - Pada peringatan Hari Gizi Nasional, Sivitas Akademika Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo (FK UNG) turut memberikan ucapan selamat atas peringatan Hari Gizi Nasional. Melalui ucapan yang beredar secara daring, atas nama sivitas akademika, Dekan Dr. dr. Cecy Rahma Karim, Sp.G.K. mengucapkan selamat atas peringatan Hari Gizi Nasional 25 Januari 2024.

Hari Gizi Nasional tidak hanya dianggap sebagai seremoni formal, melainkan sebagai wadah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya nutrisi dalam menjaga kesehatan masyarakat. Di era kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, PMT lokal yang kaya protein hewani menjadi solusi krusial untuk memperkaya asupan gizi di Indonesia.

Protein hewani, dengan peran krusialnya dalam mendukung pertumbuhan dan pemulihan tubuh, menjadi fokus utama dalam momen ini. Dibandingkan dengan protein nabati, protein hewani mengandung asam amino esensial yang lebih lengkap dan mudah diserap oleh tubuh. Oleh karena itu, sumber protein hewani yang umum dikonsumsi seperti ayam, sapi, ikan, dan telur harus dioptimalkan pemanfaatannya, terutama dalam program-program PMT.

Dikutip dari situs ayosehat.kemkes.go.id, latar belakang peringatan Hari Gizi Nasional tahun ini didasarkan pada hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022. Hasil tersebut menunjukkan risiko terjadinya stunting meningkat secara signifikan, khususnya dari kelompok umur 6-11 bulan ke kelompok umur 12-23 bulan. Ini menandakan perluasan risiko stunting dan kegagalan dalam pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) sejak usia 6 bulan. Protein dianggap penting dalam mengatasi masalah stunting, dan studi mendukung hubungan positif antara konsumsi pangan berasal dari hewan dengan penurunan risiko stunting.

Tujuan utama dari peringatan Hari Gizi Nasional ini adalah untuk menyebarkan informasi dan promosi kepada masyarakat tentang pentingnya MP-ASI yang kaya protein hewani dalam percepatan penurunan stunting. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan komitmen dan kerja sama antara pemerintah, baik sektor kesehatan maupun non kesehatan, di berbagai tingkatan, dalam rangka kampanye pencegahan stunting dengan fokus pada protein hewani.

Dengan tema nasional "MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting" dan slogan "MP-ASI Berkualitas Untuk Generasi Emas", Sivitas Akademika FK UNG berharap kontribusi mereka dapat menjadi langkah awal dalam menciptakan generasi yang sehat dan berdaya saing. Selamat Hari Gizi Nasional!

Agenda

16 - 17 Januari 2023

WORKSHOP FASILITATOR KLINIK II

Melatik dosen klinik sebagai fasilitator klinik.

14 Januari 2023

TRAINING SMART CONTENT CREATOR

Roadshow Virtual di FK UNG oleh Ummat Tv dan Akademi Konten

25 - 26 Juni 2022

WORKSHOP FASILITATOR KLINIK

Diikuti oleh seluruh dosen klinik FK UNG sebagai persiapan menuju tahap profesi dokter.

19 Juni 2022

MEDICAL WORKSHOP ON DIAGNOSIS OF MERCURY INTOXICATION BY METHYLMERCURY EXPOSURE

Lecturer: Dr. Shigeru Takaoka (Director of Kyoritsu, Neurology, and Rehabilitation Clinic, Japan) | Opening Speech: dr. Sri Asriyani, Sp.Rad(K), M.Med.Ed. (Dean Faculty of Medicine State University of Gorontalo)